Tips Mencuci Sendiri Eksterior Mobil Anda

3 Jun 2015

Mobil terdiri dari interior dan eksterior. Bagian eksterior mobil sangat mudah sekali mengalami kotor misalnya kena kotoran burung, serangga, getah pohon, serta air hujan, apabila dibiarkan menempel pada bodi mobil bakal mengakibatkan noda yang susah dibersihkan.

Apabila anda memiliki waktu senggang untuk melakukan perawatan mobil dengan mencuci eksterior mobil, berikut ini ada beberapa langkah yang mesti dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hindari mobil yang bakal dicuci terkena langsung oleh sinar matahari, kondisi ini bisa membikin cat mobil bakal memudar. Pada pagi hari adalah waktu yang cocok untuk mencuci mobil sebab kondisi mobil dalam kondisi dingin (mesin) dan gunakan air tawar (PAM).

2. Eksterior mobil terdiri dari kaca mobil, grill mobil, jendela luar mobil, dan bumper depan dan belakang mobil. Semprotkan air dengan bersih ke seluruh bagian tersebut.

3. Semprotkan air pada bagian-bagian yang kotor dampak debu, bila butuh gunakan semprotan air bertekanan tinggi apabila anda memilikinya. Untuk kotoran yang membandel gunakan kain khusus pembersih mobil. Semprotkan pula di bagian bawah / kolong mobil terutama kaki-kaki mobil, seusai itu semprotkan bagian atas dan bodi mobil.

4. Setelah anda bilas dengan air dengan cara keseluruhan eksterior mobil. Siapkan ember, kain lembut, dan shampoo mobil yang berkualitas baik untuk mobil anda, cucilah seluruh bagian mobil anda dengan shampoo tersebut supaya hasil pencucian sehingga sangatlah bersih dan lapisan atas cat sehingga awet.

5. Bilas kembali dengan air bersih untuk menghapus shampoo yang ada di seluruh bagian eksterior mobil dengan cara cepat dan merata. Kemudian anda wajib cepat mengeringkan dengan memakai kanebo atau chamois, seusai itu gunakan kain microfiber pada seluruh eksterior mobil sampai kering dan bersih. Yang butuh diamati adalah bagian celah-celah pada body mobil, semacam lubang antara pintu dengan body, lubang antara lampu dengan body, perhatikan juga logo mobil anda.

6. Anda bisa melakukan penyelesaian akhir dengan memoles dengan cara ringan dengan car wax yang ada di pasaran. Car wax bisa memberikan sedikit lapisan pelindung pada cat mobil dan terkesan mengkilap pada bodi mobil.

7. Gunakan semir ban untuk memoles ban mobil supaya ban tampak semacam baru dan awet. Keringkan pula bagian seluruh velg biar tak mudah rusak sebab berkarat.

Bila anda tak memiliki waktu senggang jadi sebulan sekali agan bisa mencuci mobil di salon mobil terdekat di daerah anda supaya kotoran yang membandel bisa hilang. Dengan demikian semua kotoran yang menempel di bagian eksterior mobil bisa hilang dan bersih.

 

 

Referensi : liektoyota.com


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post