Tips Merawat Karpet Mobil

14 Jun 2015

Di musim yang tak menentu semacam ini, intensitas kotoran yang menempel di karpet dasar mobil dapat lebih banyak. Tak sedikit pemilik mobil tak lebih acuh soal kondisi itu padahal komponen ini berperan penting menjaga kenyamanan kabin pada mobil.

Karpet dasar umumnya dibangun memakai bahan sintetis. Beda dengan karpet tambahan yang diletakan di area kaki, karpet lantai menutupi dek kabin. Perannya sebagai “penampung” kotoran yang jatuh di kabin.

Jenis kotorannya dapat apa saja, mulai dari debu yang masuk ketika kaca dibuka, serpihan makanan, sampah dari rotasi penumpang, hingga rembesan air saat mobil melalui genangan air alias banjir. Bila terlalu lama dibiarkan memengaruhi iklim kabin menjadi lembab.

Dampak lain, memunculkan aroma tak sedap yang berpotensi merugikan kesehatan serta memunculkan karat di dek. Untuk jangka panjang, karpet dasar adalah salah satu hal penentu taksir harga mobil bekas.

Sudah tentu tutorial memelihara karpet lantai dengan selalu dibersihkan. Cara mudah dalam merawat serta memelihara kondisi kenyamanan kabin mobil dapat memakai alat bantu seperti, air hangat, sikat lembut, shampoo, serta hair dryer.

Campurankan air dengan shampo bermanfaat menolong sikat membawa kotoran. Penting untuk menyikat kotoran searah supaya kotoran dapat tersisih ke satu lokasi. Seusai itu kotoran dibuang, lalu sisanya dikeringkan dengan hair dryer.

Saat BANJIR

Hal yang membingungkan bagi pemilik mobil dalam memahami salah satu risiko mobil ketika melewati banjir, yaitu air merendam karpet lantai. Kalau sudah begini pembersihan harus dilakukan perawatan ke salon mobil, semua bagian harus dicopot sebab terlalu sulit menggunakan alat bantu sederhana.


TAGS otomotif mobil salon mobiledukasi


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post