Penyebab ban mobil dan motor cepat aus atau tidak awet

15 Jun 2015

Tidak jarang pengendara kendaraan atau pemilik kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor yang melalaikan manfaat vital sebuah ban. Pada bagian atau komponen kendaraan yang langsung berhubungan dengan badan jalan ini sebaiknya mendapatkan perhatian yang lebih agar keselamatan serta kenyamanan berkendara bisa terjaga.

Namun dalam kenyataannya kenyataannya, ban memiliki fungsi yang sangat vital sekaligus memiliki tanggung jawab berat untuk menopang beban kendaran. Pada sebuah mobil yang beratnya mencapai hitungan tonase, hanya ditopang oleh 4 buah ban. Begitu juga pada sepeda motor. Anda tentunya dapat membayangkan bagaimana beratnya fungsi ban pada kendaraan. Belum lagi fungsi ini juga harus ditambahkan dengan kemampuan ban tetap berada pada jalurnya saat mobil berjalan. Maka wajar saja bila ban merupakan salah satu komponen yang cepat aus dalam umur ekonomisnya.

bagi Anda otomania yang memiliki kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor, penting sekali untuk mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan ban kendaraan Anda cepat aus dalam penggunaannya. Dengan mengetahui penyebabnya, harusnya Anda dapat tau cara mengatasi agar tidak terjadi keausan dini pada ban kendaraan Anda.

1. Ban Mobil alias Motor Cepat Aus
biasanya dikarenakan oleh kesalahan pemakai saat memcu kendaraannya dalam kecepatan tertentu, yang tak sesuai dengan spesifikasi ban yang digunakannya. Setiap ban mempunyai spesifikasi masing-masing yang terkait dengan kecepatan maksimal yang dapat ditempuh dengan ban tersebut. Kebiasaan kendaraan melaju dengan kecepatan diatasn spesifikasi ban, bakal membikin ban cepat aus.

2. Pada sebuah mobil, ada sebuah mekanisme kendaraan yang wajib diperhatikan. Ban pada mobil biasanya hanya bakal mengalami aus 2 alias salah satu ban saja. Keausan pada ban mobil ini dikarenakan oleh mekanisme setir yang cenderung membuang ke satu arah, saat telah berlangsung sejauh 10.000 km. Sebab itu, salah satu alias dua ban mobil biasanya bakal mengalamai keausan lebih cepat.

3. Kebiasaan pengemudi ataupun pengendara sepeda motor yang tak jarang mengangkat kendaraanya dengan cara agresif biasanya juga bakal menjadi penyebab ban mobil alias motor cepat aus alias tak awet. Semacam pengendara tak jarang melakukan start yang cepat dan berhenti mendadak. Membelokkan kendaraan dengan cepat, dan pengendara kerap mengendarai kendaraan di antara aspal dan tanah, melewati celah alias halangan lainnya.

4. Tekanan angin yang tak sesuai ketentuan kendaraan juga tak jarang menjadi penyebab Ban Mobil alias Motor Cepat Aus serta Tak Bertahan lama dalam pemakaiannya. Pada sepeda motor maupun mobil biasanya telah tertulis ketentuan seberapa besar tekanan angin yang dibutuhkan bagi ban kendaraannya, baik berpenumpang alias berboncengan, maupun dikendarai dalam keadaan kosong. Tekanan angin yang tak sesuai juga bakal menyebabkan ban cepat aus.

 

sumber: otozones.blogspot.com


TAGS otomotif mobil


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post